Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

Gambar Orang Minum Air Putih Hangat - Manfaat Minum Air Putih Hangat
1. Membantu tercapainya berat badan ideal 

Air hangat sangat efektif dalam membantu membuang lemak agar dapat segera diproses menjadi BAB atau air seni sehingga tidak menumpuk di usus. Hasilnya, lemak dalam usus akan hancur sebelum mengendap dalam tubuh. Air hangat juga bermanfaat membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi sehat. Karena itulah, mengkonsumsi air hangat dapat membantu tercapainya berat badan ideal. 

2. Meningkatkan kualitas tidur 
Mandi air hangat atau merendam kaki di dalam air hangat bisa memberi perasaan nyaman dan rileks. Lebih bagus lagi jika menggunakan air hangat untuk merendam tubuh yang lelah sehingga otot dan tubuh akan menjadi rileks. Setelah tubuh rileks, maka tidurpun menjadi lebih nyenyak tanpa terbangun di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik, dapat bermanfaat mencegah timbulnya lingkaran atau kantung hitam  di bawah mata. Selain itu, proses regenerasi sel pun akan lebih optimal. Hasilnya, badan akan menjadi lebih segar.  

3. Mencegah jerawat dan penuaan dini
Air hangat dapat membersihkan tubuh dengan baik. Jika digunakan untuk membilas wajah, maka air hangat bisa mengangkat kotoran dengan baik sehingga kulit wajah akan bersih dan terhindar dari jerawat. Air hangat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan demikian badan dan kulitpun akan menjadi segar. 

4. Melembabkan kulit
Minum air hangat secara rutin akan membantu menjaga kelembaban kulit. Bagi yang sering terpapar AC, maka minum air hangat akan mencegah kulit kering dan bersisik.
Perlu untuk diketahui bahwa konsumsi air putih hangat adalah lebih baik daripada minum air putih dingin. Bagi yang memiliki kebiasaan minum air dingin sebaiknya segera dihentikan. Hal ini karena kebiasaan minum air es/dingin dapat menyebabkan dinding usus menyempit. Sehingga proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus terganggu. Suhu juga bisa menyebabkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak yang telah kita konsumsi. Sehingga terjadi penumpukan lemak di saluran usus. Akibatnya pencernaan menjadi lambat dan terganggu, serta membuat perut menjadi lebih buncit. 

5. Meredam Rasa Gatal Di Tenggorokan 
Saat anda batuk, tentu anda merasakan bahwa tenggorokan anda sangat gatal dan serak. Hal itu dikarenakan di dalam tenggorokan anda terdapat virus batuk yang menyebabkan rasa gatal. Meminum segelas air hangat bisa meredakan gatal pada tenggorokan anda. Rasa hangat dari air tersebut dapat menetralisir virus batuk yang ada di dalam tenggorokan. 
6.Melegakan Hidung Dan Tenggorokan 
Saat terkena batuk dan pilek, seseorang akan merasakan ketidaknyamanan di dalam hidung dan juga tenggorokannya. Bagi batuk berdahak, tenggorokannya akan dipenuhi dengan dahak. Sehingga dahak tersebut bisa menyumbat tenggorokan. Batuk juga disertai dengan pilek. Saat pilek hidung pun akan tersumbat dengan ingus. Saat seperti itulah, anda membutuhkan air hangat. Air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokan anda dari dahak dan juga ingus. Air hangat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga bisa melegakan hidung dan tenggorokan.
 7. Meringankan Nyeri Perut Akibat Menstruasi
Saat menstruasi, rahim sedang mengeluarkan darah kotor yang melekat di dinding rahim. Pelepasan sel darah kotor dari dinding rahim tersebut diduga yang menjadi penyebab timbulnya kram atau nyeri perut. Saat menstruasi, tidak boleh mengkonsumsi air es. Alasannya adalah sebagai berikut ini :
  • Darah kotor tidak bisa terlepas dengan sempurna dari dinding rahim.
  • Darah kotor yang tidak bisa keluar dari rahim justru terus menempel di dinding rahim.
  • Jika darah kotor terus menumpuk tanpa bisa dikeluarkan semua, bisa menyebabkan kista, tumor bahkan kanker.
Untuk menghindari semua itu anda harus mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa memudahkan darah kotor terlepas sempurna tanpa sisa di dinding rahim. Air hangat juga memudahkan kerja rahim untuk melepaskan sel darah kotor tersebut. Semakin mudah rahim untuk melepaskan darah kotor, semakin ringan pula nyeri yang akan dirasakan.
  1. Melancarkan Peredaran Darah
Air hangat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Air panas bisa melebarkan pembuluh darah . Jika pembuluh darah melebar, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.
  1. Menciptakan Sistem Syaraf Yang Sehat
Syaraf yang sehat bisa diciptakan dengan segelas air hangat. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah, peredaran darah yang lancar bisa menunjang aktivitas syaraf menjadi lancar. Aktivitas syaraf dan kinerja syaraf yang tidak terganggu bisa membuat sistem syaraf menjadi sehat.
  1. Meredakan Kaki Kram
Bagi anda yang merasakan kram di telapak kaki, ada baiknya anda mengatasinya menggunakan air hangat. Minumlah air hangat yang dicampurkan dengan sedikit madu. Bisa juga anda merendam kaki anda di air hangat yang telah dicampurkan dengan garam selama 15 menit, pijat-pijat telapak kaki anda secara lembut. Kram pun akan segera hilang dari telapak kaki anda. Yang harus diwaspadai dari kram adalah sebagai berikut :
  • Kram kaki tersebut disertai dengan kram di telapak tangan.
  • Kram muncul di waktu-waktu tertentu misalnya saja saat malam hari dan juga menjelang pagi hari.
  • Apabila kram tersebut berulang dan di waktu yang sama ( malam hari dan menjelang pagi hari ), segera periksakan kondisi kesehatan anda. Kram tersebut bisa menjadi indikasi diabetes, asam urat maupun kolesterol.
  1. Menenangkan Dan Menghilangkan Stress
Air hangat juga memiliki manfaat untuk psikis seseorang. Jika anda sedang galau dan gundah. Ada baiknya di pagi hari anda menikmati segelas air hangat sambil menghirup udara pagi dalam-dalam. Hal tersebut bisa menenangkan jiwa dan pikiran anda. Efeknya anda akan merasa tenang.
  1. Menghilangkan Kantuk
Manfaat minum air hangat juga sangat penting dirasakan pada saat pagi hari, karena masih banyak yang mengantuk. Mengantuk tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor misalnya saja tidur yang tidak berkualitas, tidur terlalu larut malam dan bangun terlalu pagi. Untuk mengatasi rasa kantuk anda, minumlah air hangat. Usahakan sampai badan anda berkeringat. Dijamin, setelah anda berkeringat karena segelas air hangat. Kantuk anda pun segera hilang.
  1. Membangkitkan Semangat
Di pagi hari banyak orang yang merasa malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja membersihkan halaman rumah, membersihkan lantai rumah dan masih banyak lagi lainnya. Di dukung dengan cuaca pagi hari yang dingin menambah rasa malas tersebut. Untuk membangkitkan semangat di pagi hari sebaiknya anda meneguk segelas air putih hangat terlebih dahulu. Rasa malas anda pun akan hilang digantikan dengan semangat yang ada di dalam diri anda. 
14.Menghilangkan Mual
Saat anda hamil muda, anda akan sering merasakan mual saat menggosok gigi. Untuk mengatasi mual tersebut, sebaiknya sebelum menggosok gigi anda meminum air hangat terlebih dahulu. Air hangat yang dicampurkan teh mint bisa meredakan rasa mual ibu hamil. Untuk berkumurnya juga harus menggunakan air hangat.
15. Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi bisa diredakan menggunakan air hangat. Hal itu dikarenakan air hangat juga berfungsi sebagai antibiotik. Nyeri saat sakit gigi pun bisa diredakan menggunakan air hangat. Caranya adalah minum air hangat di saat sakit gigi anda kambuh, setelah itu juga sering berkumur menggunakan air hangat. 
16. Menghilangkan Bau Mulut
Efek minum air hangat juga dapat menghilangkan dan meredakan bau mulut yang sangat mengganggu. Air hangat efektif membantu mengurangi sisa plak yang menempel di mulut yang menjadi salah satu penyebab bau mulut mengganggu.
 17. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar
Air hangat bisa menyebabkan pencernaan menjadi lancar. Sehabis anda mengkonsumsi sesuatu usahakan untuk tidak mengkonsumsi air es namun usahakan untuk mengkonsumsi air hangat. Alasannya adalah :
  • Air es bisa menggumpalkan minyak dan juga lemak di dalam tubuh.
  • Minyak dan lemak yang sudah tergumpal bisa menyebabkan tumor bahkan kanker.
  • Air es tidak bisa menyerap kandungan makanan yang kita makan, akibatnya makanan dengan gizi apapun jika diimbangi dengan air es tidak bisa terserap oleh tubuh.
  • Air es mampu menciptakan timbunan lemak di dalam usus. Timbunan lemak di usus bisa menganggu pencernaan.
Jika sehabis memakan makanan anda mengganti segelas air es dengan segelas air hangat, anda bisa terhindar dari semua hal di atas. Alasannya adalah :
  • Air hangat mampu membuat makanan terserap sempurna.
  • Air hangat mampu melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah di dalam tubuh manusia bukan malah menggumpalkannya atau menimbunnya.
  • Sisa makanan yang dicerna oleh tubuh dijadikan dalam partikel-partikel kecil, sehingga memudahkan usus untuk membuangnya melalui feses.
 
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Air Hangat untuk Tubuh"

Post a Comment

Total Pageviews

baju wanita